Internet Marketing: Cara Menjadi DigitalPreneur Sukses

Gaya hidup masyarakat modern tak jauh dari penggunaan internet. Sejak kemunculan pertama pada tahun 1969 di Amerika Serikat, internet telah mengubah banyak hal menjadi lebih efektif, dan hal ini termasuk tatanan bisnis hampir di semua lini. Jika Anda adalah seorang wirausaha, mau tidak mau harus sedikit belajar mengenal internet marketing. Ada banyak materi terkait internet marketing di internet, baik yang gratis dan berbayar, salah satunya bisa Anda temui di DigitalPreneur.co.id.

Pada kesempatan kali ini DigitalPreneur.co.id akan mengajak Anda untuk mengenal internet marketing. Apa itu internet marketing dan kenapa ini menjadi penting? Yuk, kita kupas bareng-bareng.

Menurut Wikipedia, internet marketing atau pemasaran internet adalah semua upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan media internet. Internet marketing juga dikenal sebagai online marketing atau e-marketing, huruf ‘e’ dalam e-marketing berarti elektronik atau internet.

Jadi pada dasarnya tujuan dari internet marketing adalah untuk melakukan pemasaran atau promosi jasa dan produk. Yang membedakan dengan strategi pemasaran konvensional adalah media yang digunakan yaitu internet. Dan seperti yang kita ketahui bahwa pemasaran adalah bagian yang paling vital dalam sebuah industri bisnis, tanpa adanya pemaksimalan pada bidang satu ini, sebuah bisnis akan menjadi lesu, tidak peduli seperti apa kualitas produk atau jasa yang dihadirkan.

Dari sedikit penjelasan tersebut, kini Anda sudah paham bukan mengenai istilah internet marketing? Lalu kenapa hal ini menjadi penting?

Mari kita telaah lebih jauh mengenai apa yang terjadi di sekitar kita.

Menurut Kompas, sebuah data yang di unggah pada februari 2018 yang diambil dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menunjukan bahwa 50% dari total semua penduduk Indonesia menggunakan internet. Populasi penduduk Indonesia sendiri saat ini mencapai 262 juta orang, dan itu artinya yang menggunakan internet sekitar 143 juta.

Masyarakat urban adalah pengguna internet terbanyak yang menyumbang sekitar 72,41%. Penggunaan internet dikalangan urban tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi seperti chatting dan ber-sosial media saja, namun sudah lebih jauh dari itu seperti berbisnis, jual beli barang, sampai dengan pemesanan alat transportasi.

Sudah sangat jelas bahwa penggunaan internet di Indonesia sangat luar biasa. Dan sebenarnya jumlah ini sudah memberikan gambaran yang jelas kenapa internet marketing itu menjadi penting.

Untuk lebih memperjelas kenapa internet marketing penting bagi kelangsungan bisnis Anda, mari kita lihat dari generasi-generasi yang menggunakan internet.

Anak muda, yaitu masyarakat yang berusia 19 sampai 34 tahun adalah generasi yang paling banyak menggunakan internet. Hampir setengah dari total pengguna internet di Indonesia yaitu sekitar 9,52%.

Besarnya interaksi dengan internet juga berbanding lurus dengan inovasi yang dihadirkan. Generasi ini menyumbang profesi-profesi baru yang sebelumnya belum nampak seperti youtuber, selebgram, menjamurnya start-up, dan masih banyak lagi lainnya.

Begitu juga pada generasi usia produktif, mereka juga cukup aktif dalam penggunaan internet. Masyarakat yang berusia 35 sampai 54 tahun menyumbang angka yang tidak sedikit yaitu 29,55%.

Sekarang coba lihat pangsa pasar bisnis Anda? dan DigitalPreneur.co.id yakin bahwa hampir sebagian besar konsumen Anda berada pada usia itu, yaitu anak muda dan usia produktif.

Masih belum yakin bahwa internet marketing adalah strategi powerful di era digital? Sekarang DigitalPreneur.co.id akan mengajak Anda untuk melihat pengguna internet berdasarkan kemampuan ekonominya.

Bisa dikatakan hampir semua level ekonomi sudah terkoneksi dengan internet.  Dari 143 juta pengguna internet di Indonesia, 62,5 jutanya adalah masyarakat menengah kebawah, dan masyarakat kelas atas menyumbang angka sebesar 2,8 juta.

Sekarang sudah sangat jelas, bahwa internet marketing menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda. Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah keberadaan Tabloid Bola yang harus menemui sesi akhir.

Dalam sebuah kesempatan, Dede Isharrudin (Mantan Redaktur Tabloid Bola) mengatakan bahwa salah satu alasan yang mengharuskan Tabloid Bola menghentikan layanan adalah banyaknya platform dan mudahnya akses media.

Dan jika bisnis Anda tidak mau bertransformasi dan lebih memilih untuk tutup mata akan realita ini, bukan tidak mungkin nasibnya akan sama seperti Tabloid Bola, meskipun kami tidak mengharapkannya.

Sampai disini kita sepakati terlebih dahulu bahwa internet marketing itu sangat penting.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara untuk melakukan strategi digital marketing? Ada banyak hal yang bisa menjadi perhatian Anda dimulai dari pemanfaatan Sosial Media, Memaksimalkan Keberadaan Website, dan masih banyak lagi lainnya. Setelah dua media ini Anda miliki, lanjut pada bidang lain yang diperlukan.

Apapun media yang Anda gunakan, baik itu website atau sosial media, sebenarnya kuncinya cuma satu, yaitu bagaimana cara anda untuk menghadirkan artikel yang menarik. Karena melalui artikel, Anda akan berinteraksi dan mengenalkan produk Anda yang pada akhirnya diharapkan akan ada sebuah aksi beli dari konsumen.

Ingin tahu mengenai hal ini? Anda tidak perlu kuatir, DigitalPreneur Indonesia sebagai kampus online akan memberikan Anda informasi terkait digital marketing secara lengkap.

Ketika perusahaan Anda akan memulai strategi digital marketing, harus dari mana Anda memulainya? Apakah sosial media atau website terlebih dahulu?

Jika pertanyaan Anda seperti itu? kami akan menjawab, sebaiknya dua hal tersebut Anda jalankan secara bersamaan. Cara ini terbukti lebih efektif dari hanya menjalankan salah satunya saja. Sosial media dan website akan membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Peran Sosial Media Dalam Strategi Digital Marketing

Kenapa sosial media menjadi penting dalam strategi digital marketing?

Karena sosial media terbukti mampu meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Seperti yang sudah DigitalPreneur Indonesia katakan tadi, hidup masyarakat modern tidak jauh dari internet, dan salah satunya adalah sosial media. Sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, dan kami yakin ini akan bertahan lama.

Sekarang ini sosial media tidak hanya sebagai media komunikasi dengan sahabat, keluarga, atau fans. Tetapi lebih dari itu, sosial media bisa menjadi media pemasaran yang cukup efektif untuk memperkenalkan produk dan jasa Anda kepada konsumen secara langsung.

Mengapa Kami mengatakan bahwa sosial media adalah solusi pemasaran yang efektif? Karena pemasaran jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan promosi secara konvensional.

Beberapa kelebihan sosial media marketing diantaranya adalah hemat budget, efektif, dan yang lebih menarik kita memiliki kesempatan untuk mengenalkan produk dengan jangkauan tak terbatas, salah satunya dengan menghadirkan konten viral.

Tips Melakukan Sosial Media Marketing

Meskipun sosial media marketing menjanjikan suatu hal yang luar biasa, namun dalam prakteknya tidak semua orang berhasil menjalankannya. Beberapa orang lebih memilih untuk berhenti menjalankan strategi bisnis satu ini karena tidak ada manfaat yang bisa diraih.

Hal ini bukan berarti media sosial bukanlah media yang tepat untuk berpromosi, namun lebih karena mereka tidak tahu cara yang tepat untuk memanfaatkan marketing sosial media.

Untuk memastikan Anda tidak terjebak dalam arus pemanfaatan yang salah, disini DigitalPreneur akan memberikan beberapa tips sosial media marketing.

Memilih Sosial Media Yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih media sosial yang tepat. Terlebih jika Anda adalah pemain baru yang baru belajar digital marketing dengan memanfaatkan sosial media.

Kenapa tidak menggunakan semua media sosial saja? Bukankah hal ini dapat membuat kita lebih terkenal?

Memang benar, tetapi logikanya begini. Seorang pemain baru pasti memiliki pengetahuan yang terbatas, dan hal ini akan sangat menguras energi jika Anda menggunakan semuanya. Ingat, media sosial satu dan lainnya memiliki karakteristik konten yang berbeda-beda, dan Anda harus menggunakan konten kreatif untuk semua media sosial tersebut.

  • Jika Anda menggunakan semua sosial media, akan ada banyak waktu, pikiran, dan tenaga yang harus Anda siapkan.
  • Jika Anda menggunakan jasa konten kreator, akan ada banyak budget juga yang harus Anda korbankan.

Dan itu harus Anda lakukan secara continue, akan lebih efektif jika Anda fokus pada satu sosial media. Jadi, silahkan pilih satu sosial media yang paling cocok untuk calon konsumen Anda.

Menentukan Kepribadian Akun

Anda juga harus menentukan karakter atas akun yang Anda buat tersebut. Anda harus menentukan dari awal bagaimana gambaran dari kepribadian akun Anda, apakah orang yang berwibawa, cerdas, inspiratif, supel, ramah, atau lucu.

Selain karakter, Anda juga bisa menentukan beberapa hal yang masih ada kaitannya dengan hal ini seperti tujuan dan gaya bahasa dari setiap konten yang Anda hadirkan.

Konten

Ini adalah salah satu hal yang akan sangat menentukan sesukses apa strategi marketing sosial media Anda. Meskipun Anda sudah memilih media yang tepat, karakter sudah ditentukan, semua akan menjadi tidak berharga jika Anda tidak bisa menghadirkan konten yang unik dan kreatif.

Perlu Anda ketahui bahwa media sosial satu dan lainnya memiliki memiliki spesifikasi konten yang berbeda-beda. Anda harus paham hal ini bahwa konten untuk facebook itu beda dengan instagram, konten untuk twitter itu beda dengan G-plus.

Salah satu indikasi konten yang menarik adalah sebuah konten yang bisa membuat Anda berinteraksi dengan audiens. Untuk hal ini sangat erat kaitannya dengan skill konten kreator yang Anda pilih.

Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa update konten dilakukan secara continue, update konten yang sesekali tidak akan membuat strategi sosial media yang Anda jalankan berhasil.

Mindset Yang Salah Dalam Bersosial Media Marketing

Harus Berhasil Menjual

Salah satu mindset yang salah dalam strategi marketing sosial media adalah berharap langsung mendapatkan pelanggan. Memang tujuan utama dari hal ini adalah itu, namun itu tidak boleh menjadi tujuan utama Anda.

Biarkan sosial media menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan brand, meskipun tidak diikuti aksi beli. Anda harus paham bahwa sebagian besar orang membuka sosial media itu untuk mengetahui kabar terbaru dari orang disekitarnya, bukan untuk membeli barang.

Terlalu Fokus Pada Akun Sendiri

Ini adalah masalah yang sering terjadi, yaitu terlalu fokus dengan konten mereka sendiri. padahal tujuan bersosial media itu adalah untuk interaksi dengan akun lain, dan hal ini juga berlaku untuk strategi pemasaran sosial media Anda.

Salah satu contoh sederhana jika hal ini memang tidak efektif adalah pada saat Anda tidak memiliki pengikut sama sekali dan tidak berinteraksi dengan akun lain, semua konten kreatif Anda akan percuma karena tidak ada orang yang melihat.

Peran Website Dalam Strategi Digital Marketing

Sama halnya seperti sosial media, peran website juga tidak kalah penting untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Bahkan DigitalPreneur.co.id sendiri menyarankan Anda untuk melakukan dua strategi ini secara bersamaan.

Tidak jauh berbeda dengan sosial media, website juga mampu meningkatkan brand awareness, bahkan keberadaan website akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Yang menjadi masalah sekarang membuat website itu tidak semudah membuat akun sosial media, sedangkan website yang baik untuk keberlangsungan bisnis Anda adalah website yang profesional.

Tidak perlu bingung, kini sudah banyak pihak yang menghadirkan jasa pembuatan website, salah satunya adalah DigitalPreneur.co.id. Apapun kebutuhannya, kami siap untuk membuat website yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Ketika website sudah jadi, langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah membuat konten sesuai dengan fungsi dari website Anda. Jika Anda ingin memanfaatkan website untuk memperkenalkan produk, Anda hanya perlu membuat konten yang mampu menjelaskan produk Anda.

Tetapi hal ini biasanya masih kurang, pada umumnya sebuah website juga dilengkapi dengan blog yang berisi tentang informasi-informasi terkait dengan produk Anda, bisa berupa tips atau informasi bermanfaat lainnya.

Pada saat Anda membuat konten untuk website, kami sarankan juga untuk mencoba belajar SEO, ini adalah salah satu cara agar Anda bisa bersaing di tengah maraknya strategi internet marketing dengan memanfaatkan website.

Untuk Anda yang baru belajar website mungkin masih asing dengan istilah satu ini, secara sederhana SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah cara untuk memaksimalkan keberadaan website pada mesin telusur untuk mendapatkan posisi puncak atau halaman satu. Optimasi SEO terdiri dari dua hal yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

SEO on-page adalah optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri seperti penggunaan tema, kemudahan untuk diakses, keamanan, sampai dengan konten yang hadirkan. Sedangkan untuk SEO off-page adalah optimasi yang dilakukan dari luar website seperti backlink, share sosial media, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengapa harus melakukan optimasi SEO?

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu cara pelanggan mencari sebuah informasi adalah dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, etc. Dan biasanya pencari informasi hanya berkutat pada halaman awal saja, dengan melakukan optimasi SEO tentu saja peluang untuk mendapatkan kunjungan akan lebih besar karena website kita berada pada halaman atas mesin pencari.

Namun optimasi SEO bukan perkara yang mudah, dan belajar SEO juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Lalu bagaimana caranya agar semuanya bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien? Kami sendiri menyarankan Anda untuk menggunakan jasa SEO terlebih dahulu, sambil mengenal point-point utama dalam optimasi teknik SEO.

Ini hanya ringkasan saja sebagai intermezo untuk terjun langsung dalam strategi digital marketing, pembahasan lebih mendalam akan disampaikan dalam postingan yang akan datang, jadi pastikan Anda berlangganan newsletter kami.

Kini Anda sudah tahu hal apa yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan bisnis Anda, bagaimanapun digital marketing itu sangat penting, dan akan lebih baik jika Anda mulai menerapkan hal tersebut dari sekarang karena kompetitor Anda juga sudah menerapkan strategi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik Disini