Perlu bantuan untuk mengembangkan bisnis Anda? Ingin melakukan pemasaran digital namun tidak tahu bagaimana cara memaksimalkannya? Digitalpreneur, sebuah digital agency Jakarta, hadir untuk membantu!
Perkembangan iklim bisnis di tanah air kini mulai menunjukkan banyak perubahan, terutama akibat pengaruh perkembangan teknologi yang pesat. Akses internet yang semakin terjangkau menjadikan media digital sarana yang mudah dan murah untuk menjalankan bisnis.
Bisnis-bisnis berbasis digital mulai banyak bermunculan dan mengambil pasar dari bisnis berbasis konvensional.
Pemasaran yang dipilih oleh pelaku-pelaku bisnis juga menunjukkan kecenderungan untuk bergeser berpusat pada online marketing. Ibukota Jakarta sendiri menjadi salah satu kota dimana bisnis berbasis digital berkembang paling pesat.
Jakarta sebagai kota Terbaik untuk Bisnis Digital
Media asal Britania Raya, The Economist, telah merilis hasil proyek penelitian berskala global yang berjudul Connecting Commerce. Riset ini menilai tingkat kepercayaan eksekutif bisnis terhadap kondisi sebuah kota dalam mendukung transformasi digital perusahaan,
Laporan tersebut menempatkan Jakarta pada posisi ke delapan dari 45 kota dari seluruh dunia. Penelitian ini melakukan penilaian dengan mengukur tingkat inovasi dan kewirausahaan, SDM dan keterampilan, pengembangan dan teknologi, dan yang terakhir infrastruktur TIK.
Baca juga: Jasa Digital Branding Terbaik
Hal ini merupakan kabar baik bagi Jakarta yang memperoleh predikat kota ramah digital mengalahkan kota-kota maju seperti Hong Kong, Singapura dan Tokyo. Predikat ini tentu saja menjadi salah satu penarik minat bagi investor untuk berinvestasi pada sektor digital.
Selain itu, hal ini juga dapat memberikan gambaran tentang cerahnya masa depan bisnis berbasis digital di Jakarta bahkan Indonesia secara keseluruhan. Fakta ini menjadikan kehadiran digital agency Jakarta menjadi sangat krusial dalam perkembangan bisnis digital di Jakarta.
Media yang berperan untuk Jalannya Bisnis Digital
Digital marketing merupakan bentuk promosi produk yang menggunakan media digital sebagai sarana untuk menjangkau pasar. Dengan adanya pemasaran digital, produk baik berupa barang, jasa, maupun brand dan merk tertentu dapat dipasarkan secara lebih menarik dan up to date.
Metode-metode pemasaran digital (digital marketing) yang dapat dilakukan meliputi:
- Iklan televisi dan radio
- Iklan videotron dan billboard
- Iklan layanan SMS dan telemarketing
- Iklan broadcast chat
- E-mail marketing
- Pemanfaatan SEO (Search Engine Optimization)
- Iklan online (yang disediakan berbagai platform seperti Google, Facebook, maupun Instagram Ads).
Iklan digital melalui televisi dan radio telah menjadi pilihan banyak perusahaan dan produk-produk besar selama 20 tahun kebelakang. Hal ini wajar karena semenjak awal tahun 2000an kedua media ini menjadi media masukan informasi utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Layanan Digital Marketer Indonesia
Memasuki dekade kedua abad ke-21, kedua media ini mulai kehilangan pesona karena berkembangnya perangkat komputer dan telepon genggam. Perkembangan ini juga dibarengi dengan semakin terjangkaunya akses internet, sehingga menjadikan akses ke dunia maya menjadi sumber informasi utama dari sebagian besar masyarakat.
Peralihan sumber informasi utama inilah yang menjadikan metode pemasaran produk maupun entitas bisnis perlu menyesuaikan. Produk-produk yang menyasar kaum milenial misalnya, harus menyesuaikan cara mereka memasarkan produk menggunakan media-media yang banyak digunakan kaum milenial.
Sejalan dengan itu, persaingan dalam media digital juga merupakan sesuatu yang sangat dinamis. Jangkauan pasar yang luas dapat membuat sebuah iklan memberikan pengaruh yang kuat terhadap masyarakat, bahkan dapat menggeser penguasa pasar.
Tidak jarang lagi ditemukan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan jasa digital agency Jakarta untuk memastikan pemasaran digital mereka terus berkembang.
Kenapa Jasa Layanan Digital Agency Jakarta penting?
Pemasaran digital dapat dijalankan dengan berfokus pada maksimalisasi aset-aset digital perusahaan. Aset-aset digital ini yang nantinya akan membantu perusahaan untuk membangun brand awareness (kesadaran merek) di masyarakat.
Aset-aset digital ini meliputi website resmi perusahaan, brand serta logo perusahaan, konten website/blog yang berkualitas, akun media sosial, serta adanya layanan feedback dan layanan konsumen. Hal-hal ini perlu perlu untuk diperhatikan karena merupakan pondasi dalam jalannya pemasaran digital.
Aset-aset ini tentunya tidak dapat didiamkan begitu saja, sebaliknya aset-aset ini memerlukan maintenance secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga relevansi informasi ditengah dunia digital yang dinamis.
Contohnya website perusahaan haruslah menyediakan konten-konten berkualitas yang dapat meyakinkan calon pembeli. Selain itu kita juga harus memastikan bahwa website kita dapat ditemukan dan digunakan dengan mudah dan nyaman.
Contoh berikutnya adalah pemanfaatan akun media sosial. Untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk maupun brand yang ditawarkan, kita harus senantiasa menyajikan informasi yang relevan dan terkini.
Selain itu, sosial media tidak hanya menawarkan sarana promosi yang dapat menjangkau banyak kalangan, tetapi juga kesempatan untuk komunikasi dua arah. Hal ini memberikan kesempatan perusahaan untuk menerima masukan langsung dari pelanggan dan tentunya sarana yang efisien untuk melakukan riset pasar.
Beberapa platform sosial media juga menyediakan sistem review dan rating, seperti fanpage facebook dan Instagram. Platform-platform ini juga dapat mempengaruhi secara langsung penilaian masyarakat terhadap juga menunjukkan kualitas suatu produk maupun pemilik bisnis.
Oleh karena itu perlu adanya strategi yang benar dalam memanfaatkan media-media digital ini. Sekalipun media digital dianggap sebagai alat pemasaran yang lebih mudah dan murah dibanding media konvensional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaannya.
Salah satu faktor penting adalah konten-konten yang disajikan dalam website maupun media sosial. Pebisnis harus memastikan bahwa konten-konten yang disajikan dapat membangun kepercayaan dari calon pelanggan yang membacanya. Disinilah peran digital agency Jakarta sangat diperlukan untuk membantu menghadirkan konten-konten berkualitas tinggi.
Digitalpreneur : Layanan Digital Agency Jakarta
Digitalpreneur adalah layanan digital agency Jakarta yang telah terbukti berkiprah di dunia digital marketing selama lebih dari 1 dekade. Digitalpreneur menyediakan berbagai layanan, seperti:
- Pembuatan website
Seperti yang telah disebutkan diatas, website adalah salah satu aset digital yang sangat penting untuk menjalankan digital marketing. Calon konsumen seringkali mengunjungi website untuk menilai kualitas dan seberapa terpercayanya perusahaan. Oleh karena itu, Digitalpreneur menawarkan layanan pembuatan website yang sangat tepat untuk Anda.
- Optimasi Page speed Website
Sejalan dengan pembuatan website, kami juga menawarkan jasa optimasi website sebagai kelanjutannya. Dengan harga yang sangat terjangkau ini kami akan membantu Anda untuk memperbaiki seluruh elemen website agar sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization).
- Jasa Iklan
Iklan-iklan melalui platform online juga menjadi media yang afektif dalam melakukan pemasaran digital. Iklan-iklan yang ditawarkan platform online seperti Facebook, Instagram, dan Google Adwords terbukti menjadi sarana iklan yang menjanjikan. Digitalpreneur siap membantu Anda sebagai digital agency Jakarta untuk memastikan iklan-iklan Anda memiliki efek yang kuat dan tepat pas sasaran yang diinginkan.
Pemaksimalan SEO (Search Engine Optimization) adalah fokus utama dari marketing online yang ditawarkan oleh digital agency Jakarta. Brand-brand terkemuka akan berusaha untuk mendapatkan posisi terbaik dalam mesin-mesin perncari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan website yang memiliki posisi baik di mesin pencari akan selalu mudah untuk menjangkau konsumen, terutama konsumen baru.