Panduan Menulis Artikel SEO

Berada pada daftar teratas hasil pencarian search engine Google merupakan prestasi yang sangat diharapkan oleh para web owner dan developer. Posisi teratas tersebut akan membuat website mudah ditemukan. Dampak positifnya, semakin banyak orang mengunjungi dan mengkonsumi produk maupun konten yang ditawarkan. Menulis artikel SEO yang berkualitas merupakan salah satu cara menaikkan ranking search engine.

Sering Disebut dan Dianggap Penting, Apa Itu SEO?

menulis artikel seoSebelum membahas lebih jauh mengenai pembuatan konten berkualitas, pemahaman yang baik mengenai SEO sangat diperlukan. SEO atau Search Engine Optimization adalah metode, teknik, atau strategi untuk mengoptimalkan konten website agar berada pada daftar teratas atau ranking top (tertinggi) hasil pencarian search engine dengan kata kunci atau kalimat pencarian yang sama.

Dengan menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana, SEO adalah cara mengoptimalkan konten agar berada pada urutan teratas pada hasil pencarian search engine. Bagaimana cara membuat konten berada pada urutan teratas? Itulah garis besar atau fokus dari SEO itu sendiri. Dengan membuat konten SEO, Anda tidak hanya membuat konten yang berada pada daftar teratas search engine tetapi juga membuat konten yang berkualitas.

Tidak sedikit orang yang membuat konten dengan formula atau metode yang hanya meningkatkan ranking tetapi mengabaikan isi atau kualitas konten. Jika Anda menjual sebuah produk, berada pada daftar teratas tidak selalu membuat produk Anda terjual. Diperlukan tambahan konten yang mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda. Hal tersebut berlaku juga pada website yang ‘menjual’ tulisan dan konten-konten audio-visual.

Bagaimanakah Proses SEO Bekerja?

SEO merupakan sebuah proses yang memiliki beberapa tahapan. Berikut adalah tahapan (proses) bagaimana SEO bekerja:

  • Research

Anda akan melakukan riset mengenai kata kunci (keyword) dengan menggunakan beragam alat (tool) dan analytics. Selain itu, Anda juga bisa melakukan competitor analysis.

  • Structure

Setelah melakukan riset dan menemukan keyword yang tepat, Anda akan mengembangkan struktur pada masing-masing keyword tersebut di setiap halaman konten.

  • On-Page SEO

Setelah membuat dan merapikan struktur, selanjutnya adalah On-Page SEO. Anda dapat mengoptimalkan setiap halaman dengan keyword utama.

Anda kemudian harus membuat tautan (link) menuju homepage (laman) dan halaman utama.

  • Keep Improving

Search engine membutuhkan waktu untuk meng-update links dan keywords. Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk terus mengembangkan konten Anda menjadi lebih baik.

  • Analyze Rankings and Traffic

Lihat hasil pencarian dari konten atau artikel SEO yang sudah Anda publikasikan. Jangan lupa, search engine akan selalu diperbaharui, begitu juga dengan traffic (menurun-meningkat). Lakukan evaluasi dan analisis dari ranking SEO yang Anda dapatkan.

Bagaimana Cara Google Menentukan Ranking Search Engine?

Menemukan teknik yang disesuaikan dengan preferensi Google (White Hat SEO) dalam menentukan ranking search engine merupakan fokus dari penulisan konten yang akan Anda lakukan. Dengan demikian, Anda harus memahami bagaimana Google menentukan ranking search engine. Ranking search engine ditentukan berdasarkan authority dan relevansi halaman yang akan meningkatkan user experience.

  1. Google menentukan relevansi halaman dengan melakukan analisis terhadap konten yang Anda buat. Terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan relevansi tersebut, di antaranya seberapa sering dan dimana Anda menggunakan kata-kata tertentu (keywords) pada konten tersebut.
  2. Google menghitung authority berdasarkan jumlah atau banyaknya link yang mengarah pada halaman (konten) dan seberapa dipercaya link-link tersebut.

Berdasarkan cara Google tersebut, Anda harus membuat konten yang penulisannya tepat dengan tidak mengabaikan kualitas dari konten. Selain itu, Anda harus membuat jaringan link yang tidak hanya banyak tetapi juga berkualitas. Google tidak lagi menitikberatkan penilaian link berdasarkan kuantitas tetapi juga kualitas. Untuk membuat link Anda lebih berkualitas, Anda dapat menggunakan jasa SEO berkualitas.

Menjual Produk dan Konten dengan Copywriting

Pernahkah Anda membaca sebuah tulisan di internet yang membuat Anda menjadi pengunjung setia sebuah website tersebut? Pernahkan Anda membeli sebuah produk setelah membaca artikel yang tidak berkaitan langsung dengan produk yang dijual? Jika ya, konten atau tulisan yang Anda konsumsi tersebut adalah sebuah copywriting. Kata tersebut pasti tidak asing.

Apa sih copywriting itu? Copywriting adalah teknik pembuatan konten yang membuat para pembaca membeli produk, menjadi pelanggan website Anda, dan melakukan beragam aksi atau respons yang akan menguntungkan Anda. Interaksi (positif) pengunjung website Anda merupakan tujuan utama copywriting. Copywriting bukan sekadar tulis menulis, tetapi juga seni penjualan melalui beragam upaya penulisan konten dengan cara yang kreatif.

Seorang copywriter adalah orang yang tidak hanya mampu menulis dan menjual produk dengan baik, tetapi juga orang yang memahami bagaimana orang berpikir. Dia memahami selera publik, preferensi pencarian, dan bahkan mampu memanipulasi bagaimana publik berpikir. Sebuah copywriting harus mampu melakukan beragam upaya persuasi kepada pembacanya untuk melakukan respons sesuai dengan yang penulis harapkan.

Konten Berkualitas Saja Tidak Cukup

Copywriting merupakan jantung dari tulisan atau konten yang akan Anda publikasikan di website Anda. Artikel SEO merupakan artikel yang sudah dioptimalkan dengan SEO (copywriting). Tujuan pembuatan artikel tersebut, adalah mendapatkan respons positif dari pembaca dan membuat website (halaman tulisan) berada pada daftar top ranking search engine. Bagaimanakan cara membuat artikel dengan teknik copywriting yang baik?

Copywriting bukan sekadar menulis artikel dengan konten yang berkualitas. Artikel dengan konten yang berkualitas tidak cukup untuk bisa membuat website Anda berada pada top ranking. SEO copywriting adalah cara membuat tulisan (artikel) informatif dengan konten berkualitas yang turut mencantumkan keyword spesifik, dimana dari tulisan (keyword) tersebut orang akan mempromosikannya secara sukarela melalui media sosial.

Misalkan, Anda membuat tulisan mengenai cara menghemat listrik dengan ‘cara menghemat’ sebagai keyword Anda. Dengan copywriting, Anda tidak hanya membuat tulisan yang relevan dengan keyword tersebut, tetapi juga Anda harus membuat penempatan subjudul dan keyword yang tepat. Ketepatan tersebut akan membuat Google mendeteksi Anda dan akhirnya menempatkan Anda pada ranking top search engine.

Cara Membuat Artikel SEO dengan Teknik Copywriting

cara membuat artikel seoMemahami algoritma Google dalam menentukan ranking search engine akan membuat Anda mendesain artikel atau konten beradasarkan preferensi Google tersebut. Tujuan utama copywriting adalah mencapai posisi teratas dalam daftar hasil pencarian search engine dan meningkatkan interaksi posisi pengunjung (users). Untuk mendapatkan kedua hasil tersebut, terdapat 4 hal dalam teknik copywriting yang harus Anda pahami dan kuasai.

Memahami 6 Elemen dari SEO Copywriting

Memahami beragam elemen SEO copywriting tidak hanya akan meningkatkan ranking search engine Anda, tetapi juga dapat meningkatkan peluang konversi user terhadap pembelian produk Anda. Konversi tersebut adalah pembelian produk paska pengunjung melihat atau membaca konten yang Anda publikasikan. Berikut adalah ke-6 elemen SEO copywriting yang akan memberikan dampak pada ranking search engine.

  • Kecepatan Website

Kecepatan website cukup berpengaruh pada ranking search engine. Berapa kecepatan yang dikatakan cepat? Upayakan waktu kecepatan website Anda berada di angka 2 detik dan tidak lebih dari 5 detik. Kecepatan website juga berpengaruh pada konversi dan user experience.

  • Judul (Headline) Artikel

Gunakan judul yang baik dan relevan dengan target keyword. Tidak setiap teknik, contohnya menaruh angka pada judul mendapatkan hasil efektif pada hasil pencarian secara umum. Beberapa trik hanya berlaku pada Facebook tetapi tidak pada Twitter. Lakukan analisis pada hasil pencarian untuk mendapatkan trik yang tepat.

  • Konten (Keyword)

Kualitas konten merupakan elemen inti dari copywriting artikel SEO. Salah satu penilaian Google adalah relevansi konten dengan keyword. Konten yang relevan tersebut akan menghasilkan respons positif dari pengunjung. Buatlah konten yang relevan, tidak basa-basi, informatif dan dengan struktur penulisan yang rapi.

  • Meta Description

Meta description akan membuat pencari dan search engine memahami topik apa yang akan Anda publikasikan. Untuk pembuatan meta description yang lebih mudah bahkan lebih advance, Anda dapat menggunakan plugin.

  • Keyword

Penempatan keyword yang tepat merupakan garis besar kesuksesan artikel Anda. Hindari merangkai kalimat dengan penempatan keyword yang memaksa, menulis keyword dengan jumlah yang berlebihan. Jangan lupa untuk menggunakan juga long-tail keywords. Pada intinya, tampilkan keyword dengan intensitas yang wajar.

  • Page Links

Membangun jaringan link yang relevan dengan konten yang ditawarkan tidak hanya membuat website Anda lebih terstruktur tetapi dapat meningkatkan respons positif user. Buatlah link dari panduan umum ke khusus, link dari dalam dan keluar website, dan link internal yang saling bertautan antara satu konten dengan konten lainnya.

Membuat Konten yang Informatif dan Kreatif

Sebuah konten yang berkualitas tidak hanya mampu memberikan informasi yang dicari oleh user tetapi konten yang bisa membuat pembacanya jatuh cinta dan larut dalam konten yang Anda buat tersebut. Jika Anda membuat konten yang menawarkan produk, maka hasil akhir yang ingin didapatkan adalah penjualan. Lain lagi jika Anda membuat konten atau artikel SEO yang menawarkan opini, informasi, dan emosi.

Jumlah pengunjung, subscriber e-mail, aktifnya kolom komentar, dan populernya konten Anda di luar sana dapat menjadi indikator kesuksesan konten non-penjualan yang Anda buat. Menggunakan keyword yang tepat, menyimpan link pada tulisan, dan tentu saja originalitas konten merupakan 3 hal yang harus Anda kembangkan. Selain ketiga hal tersebut diperlukan pengembangan skill tulis-menulis pada umumnya.

Pentingnya Riset Keyword Sebelum Membuat Konten

Sampai hari ini, para web owner dan developer tidak pernah bosan untuk terus melakukan riset keyword secara berkala. Keyword merupakan salah satu aspek besar dalam kesuksesan Anda. Ketika orang melakukan pencarian, hasil pencarian nomor 1 hingga nomor 3 selalu dipilih orang. Sebaik apapun kualitas konten Anda jika Anda tidak berada di urutan teratas, maka kecil kemungkinan konten Anda akan tersebar luaskan.

Tren pada penggunaan keyword yang pas pun selalu berubah. Pastikan Anda melakukan riset secara berkala dan tidak ragu untuk bereksperimen. Pilih dengan baik keyword dan long-tail keyword yang Anda dapatkan dari Google Keyword Planner. Untuk mengoptimalkan penggunaan keyword tersebut, Anda bisa melakukan teknik On-Page dan Off-Page Optimization. On-page lebih berfokus pada pembuatan konten dengan struktur yang rapih.

Beberapa teknik on-page adalah menyisipkan keyword pada jumlah kata tertentu, membuat konten yang panjang, dan menambahkan konten multimedia. Off-page customization lebih menitikberatkan pada pengoptimalan di luar konten, di antaranya mendiskusikan konten via media sosial, link building, dan  membuat konten/produk review. Teknik off-page ini membuat Anda terlibat pada pembentukan opini di luar konten.

Mengajak Orang untuk Berbuat

Artikel yang Anda buat harus memberikan upaya persuasi kepada pembaca untuk berbuat sesuai dengan ajakan yang Anda cantumkan pada artikel tersebut. Jika Anda menjual produk, maka setiap yang membaca diharapkan membeli produk. Jika Anda menjual ide maka setiap yang membaca diharapkan membagikan ide tersebut kepada orang lain atau berusaha merealisasikan ide tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara membuat artikel yang mampu membuat orang untuk berbuat? Terdapat beberapa tips tentang bagaimana sebuah artikel mampu mengajak orang untuk berbuat.

  1. Gunakan pointers (poin-poin) pada artikel Anda.
  2. Gunakan judul atau headline yang membuat orang tertarik, penasaran, atau bahkan terkejut.
  3. Menggunakan pemilihan kata yang tepat, menampilkan data akurat, menguasai apa yang ditulis, dan memberikan penjelasan yang ringkas dan spesifik.

Membuat headline artikel yang menarik perhatian tidak harus menggunakan kata-kata yang menipu, memancing emosi dan sensasi, dan apalagi menjual fitnah dan kebohongan. Reputasi Anda dipertaruhkan jika sampai menggunakan kata-kata tersebut. Selain itu, jadilah penulis konten yang konsisten di mana Anda tidak hanya memancing jumlah visitor yang besar tetapi juga memancing user yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik Disini