Panduan On-Page SEO Indonesia 2018

SEO On-PageSearch Engine Optimization (SEO) adalah teknik yang akan membuat website Anda ‘terdeteksi’ oleh algoritma search engine, terutama Google. Jika website Anda sudah ‘terdeteksi’ maka web Anda akan mudah ditemukan dan diakses oleh banyak orang. Terdapat 2 faktor yang akan menentukan ranking website Anda. Ke-2 faktor tersebut adalah SEO On-Page dan SEO Off-Page.

Perbedaan SEO On-Page dan Off-Page

Baik on dan off page SEO memberikan dampak pada ranking search engine. Berikut adalah penjelasan dan perbedaan antara keduanya.

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-Page atau faktor On-Page merupakan faktor yang berasal dari berbagai elemen teknis web (page), di antaranya kualitas struktur kode HTML, konten visual maupun tekstual dan user friendly.

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-Page atau faktor Off-Page merupakan faktor yang berasal dari berbagai elemen non-teknis web (page), di antaranya promosi media sosial, link dari dan ke website lain, dan aktivitas pemasaran.

Mana yang Lebih Penting, On-Page atau Off-Page?

Dari keduanya mana yang lebih penting? Tingkat penting keduanya dapat bergantung pada strategi Anda untuk meningkatkan ranking web. Jika Anda lebih berorientasi pada pemasaran dan bagaimana agar Anda banyak mendapatkan link yang relevan, maka Anda akan fokus pada faktor Off-Page. Sebaliknya, jika Anda ingin fokus pada konten website, maka Anda akan memfokuskan pada faktor On-Page.

Pada umumnya, faktor On-Page merupakan faktor yang bisa dilakukan sendiri dan melibatkan Anda secara langsung. Konten website Anda merupakan inti dari aktivitas pengunjung. Mengurusi konten website bukan melulu soal bagaimana membuat artikel yang baik atau produk yang ditawarkan, tetapi juga menyoal interface dan beragam isu teknis lainnya. Membuat website dengan tampilan dan konten yang baik akan memberikan kesan yang baik juga.

Kesuksesan pada faktor Off-Page Anda juga ditentukan pada faktor On-Page. Sementara itu, faktor Off-Page dapat dilakukan oleh pihak lain. Anda bisa menggunakan jasa link building SEO untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau menggunakan jasa SEO. Dimana masalah On-Page dan Off-Page langsung ditangani oleh mereka.

3 Hal yang Harus Jadi Fokus pada SEO On-Page

Dirangkum dari yoast.com, terdapat 3 hal yang harus Anda fokuskan ketika membangun SEO On-Page yang berkualitas. Ke-3 hal tersebut adalah kualitas teknis, konten yang baik, dan pengalaman pengunjung. Berikut adalah penjelasan ke-3 hal tersebut.

Kualitas Teknis yang Baik

Untuk mendapatkan kualitas teknis yang baik, Anda harus benar-benar memperhatikan detail kecil dalam hal ‘perkodean’. Jangan sampai Anda mengabaikan gangguan atau tantangan kecil ketika membangun code. Tantangan utama Anda ada pada ketelitian dan tidak meninggalkan detail-detail kecil.

Konten yang Berkualitas

Secara umum, pengunjung di website Anda mencari konten yang berkualitas. Fakta tersebut cukup untuk membuat Anda berkonsentrasi dalam membuat konten yang tidak hanya memuaskan pengunjung tetapi dapat ‘menjual’ website Anda ke khalayak. Untuk membuat konten yang berkualitas, gunakan keyword yang tepat, informatif, dan mudah dimengerti.

Pengalaman Pengunjung (User Experience)

Halaman yang rapih dan konten berkualitas tidak serta merta membuat Anda berada pada daftar teratas search engine. Faktor terakhir yang harus Anda fokuskan adalah menyediakan kemudahan bagi pengunjung untuk menemukan apa yang ingin mereka temukan. Desain website Anda untuk semudah mungkin dieksplorasi pengunjung. Semakin mudah website Anda untuk dijelajahi, semakin lama (waktu) pengunjung berada di website Anda.

16 Tips untuk Meningkatkan Kualitas SEO On-Page

Melakukan pengaturan pada beragam hal yang berkaitan dengan faktor teknis dan kualitas konten merupakan beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas web Anda. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang bingung apa saja yang harus dilakukan. Termasuk hal apa yang harus didahulukan, masih sering membuat orang kebingungan.

Berikut adalah 16 tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas SEO On-Page.

Gunakan URL yang SEO Friendly

Untuk mendapatkan ranking yang baik, sangat direkomendasikan URL yang tidak hanya pendek tetapi juga pas. Hindari menggunakan URL yang panjang dan URL yang terlihat absurd (angka dan huruf). Selalu tulis atau tampilkan keyword Anda pada URL.

Buat Judul yang Mengandung Keyword

Apa yang pertama kali dilihat orang pada konten di website Anda? Jawabannya adalah judul. Untuk membuat judul tersebut mudah terlacak, Anda harus mencantumkan keyword. Dianjurkan untuk menyimpan keyword tersebut di awal judul. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya cara, apalagi jika keywordnya cenderung ‘maksa’.

Menggunakan Modifier pada Judul

Modifier adalah kata atau frasa yang digunakan untuk menampilkan deskripsi pada kalimat. Contohnya, Anda ingin menulis mengenai Jasa SEO Terbaik di tahun ini. Maka, kata “terbaik’ dapat Anda gunakan sebagai judul. Beberapa modifier lain yang bisa Anda gunakan adalah tahun (2017, 2018, dll), “panduan”, “tips”, dll.

Pastikan Judul pada Postingan Anda Mendapatkan Tag H1

Jika Anda menggunakan WordPress (WP), maka Anda tidak perlu melakukan pengecekan manual. WP secara otomatis memasukkan tag H1 pada judul. Meskipun begitu, terdapat beberapa kasus dimana developer WP theme merubah tag H1. Pastikan Anda hanya menggunakan 1 tag H1 per halaman dimana tag tersebut mengandung keyword.

Manfaatkan Multimedia

Untuk meningkatkan respons pengunjung terhadap konten yang dipublikasikan, gunakan elemen multimedia, di antaranya efek suara dan visual. Keduanya terbukti mampu meningkat signal interaksi di mana Google sangat memperhatikan hal tersebut. Selain itu, penggunaan multimedia akan meningkatkan value konten.

Masukkan Subheading di Tag H2

Cantumkan keyword Anda paling tidak pada 1 subheading dan gabungkan dengan tag H2. Wrapping subheading tidak akan memberikan efek yang sangat signifikan. Meskipun begitu tidak ada salahnya Anda mencobanya.

Cantumkan Keyword di 100 Kata Pertama

Google akan mendeteksi dan lebih mengerti apa yang Anda tulis ketika Anda menaruh keyword di 100 kata pertama. Hindari menulis pembukaan yang bertele-tele dan cantumkan keyword di awal tulisan. Banyak orang melakukannya tanpa diminta, banyak juga yang mengabaikannya. Pastikan Anda melakukannya, jangan sampai lupa.

Gunakan Desain yang Mobile-Friendly

Para pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile, di antaranya smartphone semakin hari semakin meningkat. Untuk meningkatkan kenyamanan mereka yang menggunakan smartphone tersebut, Anda harus membuat web mobile friendly yang cocok untuk mereka. Gunakan responsive desain yang direkomendasikan Google.

Gunakan Link Outbond

Menggunakan link outbond untuk menyambungkan halaman membuat Google dapat dengan mudah menentukan topik konten Anda. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa konten yang Anda publikasikan berkualitas. Salah satu kesalahan dalam meningkatkan kualitas SEO On-Page adalah tidak menggunakan link outbond.

Gunakan Link Internal (Inbound Link)

Memasang dan menggunakan link internal pada konten yang dipublikasikan merupakan salah keputusan yang banyak memberikan manfaat. Namun hati-hati, jangan memasukkan link terlalu banyak. Sisipkan 2-5 link (postingan lama) pada setiap posting baru.

Tingkatkan Kecepatan Web (Page Speed)

Untuk meningkatkan ranking SEO, Anda dapat meningkatkan page speed web. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya menggunakan Content Delivery Network (CDN) dan plugin cache. Cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan web hosting berkualitas premium (terbaik) dengan kecepatan tinggi.

Sebar Keywrod LSI

Untuk menentukan halaman yang relevan dan (mungkin) berkualitas, Google menggunakan keyword LSI. Jika Anda terbiasa menulis, apalagi menulis konten yang panjang, Anda akan secara alami menyisipkannya. Untuk mengecek apakah Anda menggunakan keyword LSI, lakukan pencarian di Google.

Masukkan Keyword dalam Gambar

Paling tidak, Anda memasukkan keyword pada 1 gambar (jika menggunakan gambar) dalam posting Anda. Dengan memasukkan keyword pada gambar, Anda akan membantu search engine untuk mengidentifikasi konten apa yang Anda tulis. Dengan demikian, ranking pencarian Anda akan meningkat.

Menggunakan Tombol Sharing Sosial

Sharing sosial tidak memberikan dampak langsung pada search engine ranking. Namun ikut membantu meningkatkan popularitas konten Anda di beragam media sosial.

Menulis Konten yang Panjang

Fakta membuktikan bahwa menulis konten yang panjang dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan ranking yang tinggi. Selain itu, konten yang panjang akan dibaca lebih lama oleh pengunjung. Tulislah konten untuk keyword Anda melebihi 1.000 kata dengan tanpa basa-basi dan full informatif.

Tingkatkan Dwell Time

Tips untuk meningkatkan kualitas SEO On-Page adalah meningkatkan dwell time. Dwell time adalah waktu yang dibutuhkan untuk pengunjung berdiam di halaman yang mereka akses. Jika pengunjung langsung mengganti page atau menutupnya, hal tersebut bukan hal yang bagus untuk ranking SEO Anda. Tingkatkan dwell time dengan menulis konten yang panjang dan hadirkan ide tulisan Anda di paragraf pertama.

Content is The KING of SEO

Beberapa tips di atas membuat Anda harus melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan code maupun hal teknis yang bisa diselesaikan dengan kemampuan dasar di bidang web dan blogging. Pada umumnya, kualitas konten Anda lah yang akan menarik perhatian Google. Dengan demikian, jangan ragu untuk meningkatkan kualitas konten Anda sehingga pengunjung dapat berlama-lama ‘mengkonsumsi’ konten yang Anda publish.

Selain kualitas konten, Anda perlu juga memperbaharui konten secara berkala. Google akan melihat konsistensi Anda dalam memproduksi konten-konten berkualitas. Publish konten Anda secara berkala, jangan dipublish secara sporadis atau sekalian. Untuk meningkatkan popularitas web dan konten Anda, Anda bisa mengajak pembaca untuk memberikan komentar terhadap konten yang Anda publikasikan.

Respons komentar tersebut dengan memberikan balasan yang sesuai (pantas). Selain memberikan kesan yang interaktif dan ramah, interaksi yang cukup tinggi akan meningkatkan popularitas Anda. Prinsipnya, semakin ramai interaksi publik maka semakin tinggi peluang Anda untuk terdeteksi Google dan dikenal publik. Diharapkan mereka yang terlibat dalam interaksi tersebut ikut menyebarkan isi konten ke tempat atau sarana yang lebih luas.

Demikian panduan lengkap SEO On-Page yang Kami tulis berdasarkan pengalaman Kami selama melayani jasa SEO. Jika Anda bingung untuk mempraktekkan tulisan diatas, Anda bisa menggunakan Jasa Desain Web SEO Friendly yang kami miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Klik Disini