SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi, taktik, dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan cara meningkatkan ranking (peringkat) hasil pencarian pada beragam search engine (mesin pencari), termasuk diantaranya Google dan Bing.
Umumnya terdapat 2 jenis strategi SEO yang banyak digunakan. Ke-2 strategi tersebut adalah Black Hat SEO dan White Hat SEO.
Apa itu Black dan White Hat SEO?
Black Hat adalah strategi SEO yang berfokus pada search engine dan biasanya tidak mengikuti aturan-aturan search engine. Black Hat juga tidak begitu menghiraukan faktor kehadiran manusia. Beberapa strategi Black Hat, diantaranya keyword stuffing, invisible text, memasukkan keyword yang tidak relevan, dan mengganti webpage setelah mendapatkan ranking dari search engine.
White Hat adalah strategi SEO yang berfokus pada kehadiran manusia. White Hat merupakan strategi SEO yang mematuhi aturan search engine. Beberapa strategi White Hat, diantaranya penggunaan analisis keyword, link building, menulis dan membuat konten untuk para pembaca manusia (non-bot). Tujuan utama White Hat adalah membuat website berada di ranking top search engine dengan mengutamakan pembuatan konten yang relevan.
Black atau White Hat SEO, Pilih yang Mana?
Baik Black dan White Hat sama-sama bertujuan untuk membuat website berada di urutan top atau teratas dalam hasil pencarian search engine. Namun, keduanya memiliki teknik atau strategi yang berbeda. Yang manakah yang cocok untuk Anda?
- Black Hat SEO banyak digunakan oleh mereka yang membutuhkan financial return dengan cepat. Risiko terbesar dari Black Hat tentu di-banned (diblokir) dari search engine. Salah satu alasan utama kenapa Black Hat masih digunakan meskipun berisiko adalah potensi keuntungan besar dalam waktu singkat.
- White Hat SEO banyak digunakan oleh mereka yang menginginkan investasi jangka panjang dengan menampilkan konten-konten yang relevan. White Hat tidak memiliki risiko di-banned karena teknik yang digunakan dapat dikatakan merupakan teknik yang diterima dan direspons baik oleh search engine.
Jika anda bertujuan membuat website yang menawarkan konten yang berkualitas dan informatif, White Hat adalah pilihan terbaik. Selain karena memang diciptakan untuk meningkatkan ranking berdasarkan kualitas konten dengan target audiensi manusia, White Hat tidak memiliki risiko apapaun. White Hat dapat dikatakan cara yang baik, etis, dan pantas untuk meningkatkan ranking website Anda pada hasil pencarian di search engine. Inilah yang diterapkan perusahaan Kami sebagai konsultan SEO Indonesia.
Keunggulan dan Teknik White Hat SEO
White Hat memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sangat cocok jika Anda ingin membuat website yang menawarkan konten kreatif berkualitas. Berikut adalah 4 keunggulan teknik White Hat.
- Biaya yang tidak begitu mahal. Terlebih jika Anda menggunakan teknik White Hat untuk jangka waktu yang cukup lama.
- Pantas dan etis. White Hat merupakan teknik yang tidak melanggar aturan search engine. Kepantasan dan nilai-nilai etis tersebut akan sangat berpengaruh dalam hal kredibilitas Anda dan situs Anda.
- White Hat merupakan teknik yang aman dan tidak berisiko. Anda tidak perlu memikirkan mengenai penalty yang bisa Anda dapatkan, karena hal tersebut tidak akan Anda alami.
- Investasi jangka panjang yang akan Anda dapatkan dapat dilihat dari konsistensi website Anda berada di ranking top. Teknik White Hat memberikan peluang yang besar bagi Anda untuk bertahan di puncak dalam waktu yang cukup lama.
Selain ke-4 keunggulan tersebut, teknik White Hat mengedepankan pada peningkatan kualitas website secara umum. Tidak ada salahnya bahkan sangat direkomendasikan bagi Anda untuk membuat website dengan konten yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan utama tersebut, berikut adalah beberapa teknik White Hat yang sering digunakan.
- Membuat konten yang berkualitas untuk jangka waktu yang panjang.
- Memanfaatkan analisis keyword dan menggunakan keyword yang tepat.
- Membuat website Anda mudah diorganisir, nyaman untuk dikunjungi, dan mudah untuk dijelajahi.
- Membuat jaringan backlink yang aman, relevan dan berkualitas.
Strategi White Hat SEO untuk Meningkatkan Ranking Search Engine
Melakukan optimalisasi White Hat merupakan aktivitas yang tidak hanya akan berdampak pada peningkatan ranking website, tetapi juga peningkatan kualitas website secara keseluruhan. Optimisasi yang dilakukan bukan hal yang sulit dan Anda mungkin akan menikmati setiap proses dari proses optimisasi tersebut. Jangan khawatir Anda tidak akan menemukan strategi yang rumit dan kompleks.
Brian Dean dalam artikelnya “White Hat SEO: The Definitive Guide” yang dipublikasikan di website backlinko.com, memaparkan langkah White Hat apa saja yang harus dituntaskan untuk mendapatkan top ranking search engine. Berikut adalah 2 strategi, teknik, dan optimisasi White Hat yang berfokus pada peningkatkan kualitas konten.
Melakukan Riset Keyword
Keyword merupakan salah satu elemen terpenting dalam optimisasi White Hat. Pencarian dan pemilihan keyword yang tepat merupakan fokus utama dari keyword research yang akan dilakukan. Berikut adalah 4 strategi yang bisa Anda terapkan untuk menemukan keyword yang tepat.
Gunakan Keyword Long Tail yang Dianjurkan oleh Google.
Untuk mendapatkan keyword long tail tersebut, cobalah ketik mengenai keyword yang akan Anda terapkan. Misalkan, keyword yang ditargetkan adalah “meningkatkan”. Ketik di Google dan akan muncul anjuran Google mengenai keyword tersebut. Pilihan anjuran tersebut (long tail), misalkan “meningkatkan daya ingat”. Long tail keyword merupakan keyword yang dianjurkan Google dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu kompetitif.
Copy Keyword Kompetitor
Meng-copy keyword merupakan cara mudah untuk mendapatkan keyword yang tepat. Caranya adalah dengan mencari website dengan ranking SEO tinggi yang mencantumkan target keyword yang sama dengan yang Anda cari. Anda dapat menggunakan keyword research tool, diantaranya Ahrefs dan SEMRush.
Memanfaatkan Komunitas Online
Kunjungi salah satu komunitas online yang Anda targetkan dan lakukan pengamatan mengenai kata yang sering diulang. Anda dapat menggunakan salah satu tool gratis bernama Answer the Public. Tool tersebut akan menganalisis pertanyaan-pertanyaan publik yang berkaitan dengan topik Anda.
Menggunakan Google Search Console
Akses performance report di Google Search Console. Ketimbang menyortir keyword berdasarkan clicks, sortir keyword berdasarkan impressions. Pilihlah kata kunci yang menurut Anda dapat menghasilkan konten yang berkualitas.
Membuat Konten yang Berkualitas
Membuat dan mempublikasikan konten yang berkualitas merupakan fokus utama dari strategi White Hat SEO. Untuk membuat konten berkualitas tersebut, Anda tidak perlu terlalu serius berpikir terlalu dalam. Terdapat 3 hal yang harus Anda penuhi untuk membuat sebuah konten yang berkualitas.
Buat Konten yang Panjang dan Mendetail
Riset terbaru membuktikan bahwa membuat konten yang terlalu umum tidak lagi efektif untuk meningkatkan ranking website Anda. Beberapa konten umum tersebut contohnya, “5 Tips Meningkatkan Penghasilan…” dan “10 Cara untuk Menurunkan…”. Berdasarkan studi dari search engine ranking factors menunjukkan adanya relasi yang kuat antara in-depth content (konten yang mendetail) dengan search engine ranking.
Untuk membuat konten panjang dan mendetail, Anda dianjurkan untuk membuat konten yang berisi berbagai macam konten yang mampu membahas beragam hal dalam satu topik. Buat konten dengan 4000 kata lebih yang memaparkan informasi yang meliputi seluruh topik yang hendak dibahas. Hindari membuat topik umum yang memaparkan list atau daftar-daftar umum pada sebuah topik.
Berikan Kepuasan untuk Pengunjung
Memberikan apa yang pengunjung website Anda dapatkan ketika membaca atau melihat konten yang Anda publikasikan akan membuat ranking search engine Anda meningkat. Untuk mengukur apakah konten yang Anda publikasikan memberikan kepuasan pada pengunjung, Anda dapat menggunakan Google RankBrain. Google RankBrain merupakan program yang menganalisis kepuasaan pencari dan pengunjung website Anda.
Apa itu Google RankBrain?
Google RankBrain menggunakan artificial intelligence (A.I) untuk menyaring hasil. Bagaimana membuat para pengunjung tersebut terpuaskan? Caranya sederhana, buatlah artikel SEO yang sangat relevan dengan target keyword yang Anda pilih. Memenuhi ekspektasi publik yang umum yaitu membuat konten yang tidak bertele-tele akan membuat pembaca konten Anda merasa puas sekaligus happy.
Berikan Pengalaman dan Kesan Baik
Semakin lama orang berdiam di konten yang Anda publikasikan, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan ranking top. Google memiliki kalkulasi sendiri mengenai lamanya waktu yang akan diberikan kredit. Salah satu goal utama Anda adalah membuat para pengunjung bertahan cukup lama di salah satu page website Anda. Waktu bertahan yang lama merupakan salah satu indikator bahwa pengunjung mendapatkan sesuatu.
Ketika pengunjung datang dan mencoba memahami konten yang Anda publikasikan, perhatian mereka akan tertuju pada paragraf pembuka, ukuran tulisan, dan poin-poin yang Anda buat atau banyaknya subheading yang dibuat. Untuk memberikan pengalaman pencarian yang baik untuk pengunjung, Anda dapat membuat konten yang mudah dibaca, mudah dimengerti, dan tidak bertele-tele (to the point).
On-Page SEO, Link Building, dan Technical SEO
Selain ke-2 strategi White Hat SEO yang berfokus pada pembuatan dan publikasi konten yang berkualitas. Terdapat 3 strategi lain yang berfokus pada pembuatan jaringan tautan (link building), optimisasi meta tags (on-page SEO), dan meningkatkan kualitas teknis SEO (technical SEO). On-Page SEO dan dioptimalisasi dengan melakukan beragam modifikasi pada URL dan tags.
Strategi link building digunakan untuk membangun jaringan tautan yang akan saling terhubung dengan website atau konten yang Anda buat. Link yang digunakan dapat berupa link internal maupun eksternal. Strategi terakhir adalah technical SEO. Technical SEO mengurusi beragam hal yang berkaitan dengan faktor teknis. Beberapa hal teknis yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan page loading time dan memperbaiki error.
Pada prinsipnya, para pengunjung akan merasa nyaman membaca atau menjelajahi konten yang Anda publikasikan jika Anda menggunakan desain dan interface yang ramah. Desain dan interface tersebut harus juga ramah bagi pengguna versi mobile. Selain desain dan user-friendly, Anda juga harus memastikan bahwa website Anda terorganisir dengan baik, dapat diakses degan cepat, dan tidak banyak menimbulkan gangguan (error).
Namun jika Anda bingung mempraktekkan teknik diatas kedalam website bisnis Anda, jangan khawatir karena Kami menyediakan Jasa White Hat SEO yang dijamin 100% aman dan bergaransi uang kembali.
Om.. kata si google, pengunaakan keyword pada meta sudah tidak dianjurakan lagi ya, apa bener?
iya untuk google sudah tidak perlu. tapi masih penting untuk baidu, bing dll